6 Mar 2014

Harmony Of Love


Pada hari Minggu 23 Feburari 2014, pukul 17.00 WIB di Gereja Santo Yohanes Rasul Pringwulung, diadakanlah Ekaristi Kaum Muda (EKM). Ekaristi yang “dikususkan” bagi kaum muda ini semakin terasa istimewa karena petugas kor, lector, tata laksana diisi oleh kaum muda yang tergabung dalam Organisasi Pelajar Katolik (OPK) Yogyakarta. OPK yang yang terlibat terdiri dari Forum Kontak Pelajar Katolik (FKPK) dan Bina Komunitas Pelajar Katolik (B-Kompelk).
Tema yang diangkat dalam EKM ini adalah “Harmony of Love” karena masih berdekatan dengan suasana Valentine. Dengan jumlah petugas sekitar 80 anak, EKM dapat berjalan dengan meriah bahkan jumlah umat membludak. Misa ini  dipimpin oleh para eks pendamping FKPK dan B-Kompelk, yaitu: Rm. Bonifasius,Pr. Rm. Subyantara, Pr. Rm. Agus Merdi, Pr. Rm. Yudho, Pr dan didampingi Diakon Bayu Edvra.
EKM menjadi semakin hidup dengan tambahan renungan dari OPK melalui visualisasi yang mengajak umat untuk merenungkan pentingnya sikap mengasihi, terutama kepada mereka yang memusuhi, membenci dan merugikan. Kasih tidak tertutup hanya diungkapkan antar pasangan melainkan lebih luas lagi, yaitu kepada sesama. Hal inilah yang tercermin dalam kerja sama dan semangat persaudaraan, yang ditampilkan oleh para anggota OPK Yogyakarta kali ini.
Umat yang datang dalam EKM ini didominasi oleh kaum muda, siswa-siswi dari berbagai SMA di Yogyakarta. Beberapa alumni tampak hadir dan memberikan apresiasi pada adik-adiknya : “Seru. Keren. Temen-temen FKPK dan B-Kompelk keren banget. Gak nyangka mereka bisa ngadain acara kayak gini”, kata seorang umat, alumnus dari SMA Negeri. Ada juga siswa yang terinspirasi untuk bergabung, “Oh, ternyata ada organisasi pelajar kayak beginian ya. Tahu gitu, aku mau ikut FKPK aja lah besog”, kata seorang anak SMA Stece 1 yang bertugas koor.
EKM ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Organisasi Pelajar Katolik di Yogyakarta yang sudah ada selama ini. Dengan adanya EKM, diharapkan para pelajar SMA beragama Katolik yang belum tahu adanya organisasi pelajar tersebut, nantinya dapat ikut serta dalam gerak hidup organisasi pelajar itu, entah ikut FKPK atau B-Kompelk. FKPK adalah organisasi khusus untuk para pelajar katolik dari SMA Swasta di Yogyakarta selama ini anggotanya berasal dari SMA Stece 1 dan 2 serta De Britto. Sedangkan, B-Kompelk adalah organisasi khusus para pelajar katolik dari berbagai SMA Negeri di Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar